DOHC 4 Valve
Kadang masih ada yang salah anggep DOHC itu artinya 4 KLEP.
awasss sobbb...masing - masing beda jurusan tuhhh...
DOHC tuh merujuk ke Camshaft alias KEM alias Noken As, BUKAN KLEP. Disebut DOHC karena KEM nya dua. Double, Kembar. Makanya kadang disebut juga TWIN CAM.
Kalo soal klep itu beda lagi urusannya. SOHC atau kem 1 juga bisa aja pake Klep 4. Contohnya MX atau Vixion. Kemnya 1 doag, tapi klep nya empat juga kayak Satria FU. disebutnya SOHC 4 valve.
Trus ngapain repot pake 2 kem kalo bisa 1 aja ??
Ya sama aja kalo ente disuruh nimba sumur sobb..Kalo timbaan nya ada dua, enakan nimba berdua apa sendiri?? hehehe
Twin cam lebih presisi ngatur buka tutup klep, terutama di RPM tinggi. Nafasnya lebih panjang di puteran atas dibanding yang kem 1. Posisi busi juga bisa ditengah, lebih efektif pembakarannya daripada busi disamping.
DOHC ada kerugiannya gak? Ya pasti ada sobbb...kan kata pa ustad kesempurnaan itu cuman milik Allah.... hehehe.
Jadi apa kekurangan DOHC??
Nanti yee mimin semedi dulu cari wangsitnye....hahaha
Salam DOHC,
ADM1
0 comments:
Post a Comment