Satria FU memang desain bodynya simpel broo. Enak diliat tapi kadang jadi masalah karena terlalu terbuka saking simpelnya. Gampang masuk air ke lobang busi. Suka jadi susah nyala kalo kena air abis dicuci atau kehujanan. Gimana caranya dong atasi problem satria fu ini? Gampang broo. Nih admin bagi solusinya disini.
Ceritanya M. Sayuti alias
Uteng pusing delapan keliling karena Suzuki Satria FU 150 miliknya payah hidup. Diselah beberapa kali, tetap ogah
hidup. Pas dicek kondisi setelan karburator sesuai standar pabrik. Kondisi
motor pun sangat terawat. Servis berkala enggak lupa. “Jadi apa donk yang bermasalah? Bingung?,”
kesal bocah asal Jl. Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Coba inget sekali lagi. “Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci. Main
siram aja. Air masuk ke tutup dan lubang
busi,” jelas Hasan Basri, pemilik bengkel dari Hasan Motor, Kelapa Dua Raya,
Jakarta Barat.
Air masuk ke tutup
dan busi lantaran jarak sasis dan kepala silinder renggang. Air mudah masuk
karena celah yang renggang dan posisi mesin vertikal (gbr. 1). Air bisa masuk
langsung ke silinder head. “Ini beda sama
Suzuki Raider 125. Rapat sama batang (sasis, red)
tengah,” beber Hasan yang juga mekanik Jakarta X-Treme
Tambahan lagi
desain lubang busi di kepala silinder ada got nya. Plus celah
antara kepala busi sama lubang. Air merembes dari situ. Air ngendap. Api busi enggak bisa besar
waktu diselah. Makanya susah nyala.
Hasan ngasih saran bisa aja per 8.000 km lubang busi dicek
dan dibersihkan. Tapi, antisipasi dini bisa kok dilakoni. Tutup got lubang busi
dengan isolasi (gbr. 2).
Termasuk juga kepala busi (gbr. 3).
Nahhh, gampang kan broo. Dengan cara murah meriah ini maka problem Satria FU kena air susah nyala bisa diatasi, seenggaknya bisa diminimalisasi lah. Jangan lupa bro mesti rajin bersihin lubang pembuangan air dari busi yang posisinya ada di samping pangkal knalpot. Biar lancarrrr buangan air dari got busi gak ngendap.
Satria FU kena air ? Siapa takuttttttttttttt. hehehe,
motor apaan kena air mogok... katanya DOCH...
ReplyDeleteDOHC kaleeeeee
Deletedah salah kenceng-kenceng lagi ngomongnya . mungkin dia lelah .
DeleteMulut lu gw masukin AIR mampus gak ?
DeleteMungkin motor dia LeGENDA ASTREA engga pake sistem DOHC makanya. Ngomong aja Salah Kaya Baby bru lahir
DeleteMungkin motor dia LeGENDA ASTREA engga pake sistem DOHC makanya. Ngomong aja Salah Kaya Baby bru lahir
Deletebawah knalpot ada pembuangan air dari busi mungkin kotor tu.......
ReplyDeletelubang yg di bagian bawah knalpot itu untuk pembuangan air yg masuk dari ujung knalpot bro, bukan malah air yg masuk dari ruang pembakaran
DeleteDOCH...???
ReplyDeleteHA..HA..HA.. MENTAL KACAU
Salam kenal suhu2.. Ijin gabung,,. Baru py fu 2012 nih....
ReplyDeleteUdah gw isolasi, tapi tetep aja ke masukkan air kepala busi w .
ReplyDeleteSaya juga tuh ttp sja susah nyala kalau dah di cuci.
ReplyDeleteUlasan artikelnya sangat luar biasa gan ini sangat bermanfaat sekali...terimakasih telah berbagi informasi ya...ijinkan saya juga berbagi informasi mengenai cara mengatasi RPM satria Fu 150 yang error, semoga bermanfaat ya...
ReplyDeletemasih mogok gan.
ReplyDeletemasih mogok gan.
ReplyDeletegan.. kabel di atas busi ya g dilindungi karet pelindung itu klo ditarik memang putus terus disambung ato nggax gimana gan..soal nya kemaren saya tarik malah putus...mhon infonya gan ..mkseh
ReplyDeleteBlack
ReplyDeleteSatria sya tahan hujan, riding pas ujan lebat juga Santy aja, busi di isolasi yg rapat, sama koil juga,
ReplyDeleteBaru dilap lap motornya udh susah nyala..
ReplyDelete