CARA GAMPANG TUKERAN CDI STANDAR NEW SATRIA FU VS FU LAMA
New Satria FU 2013
udah mulai banyak di jalanan sob. Makin laris makin banyak pemakai satria fu
baru. Nahhh yang jadi masalah sob ada beberapa komponen di satria fu baru
keluaran 2013 yang beda dibanding satria fu keluaran sebelumnya. Salah satunya CDI. Gak usah jauh jauh deh sob,
sama satria FU batok gede 2012 aja udah beda. Padahal sama sama AHO. Apalagi
kalo dibandingin FU CBU, CKD, atau batok gede keluaran lama yang belum AHO,
lebih beda lagi. Ngomong-ngomong soal
AHO, tau artinya AHO kan sob? Aho itu maksudnya motor yang Lampu depannya
otomatis nyala waktu motor dikontak ON. Jadi gak pake saklar on off lampu
lagi kayak motor jaman dulu. Gitu sobbb....
Nah salah satu
komponen yang beda kan CDI standarnya. Tau CDI apa sob? CDI itu komponen pengapian
sob. Bentuknya kotak warna item yang posisinya ada di bawah tangki sebelah
kiri, deket keran bensin. CDI New satria FU merknya Mitsubishi, kalau CDI FU
batok gede merknya Denso. Bukan Cuma merk nya yang beda sob, posisi kaki di soket
cdi nya juga beda. Jadi gak bisa langsung tukeran pake CDI lama vs baru. Colokan kabel nya mesti disesuaikan sama
posisi kaki yang bener. Kalau langsung dipasang, malah bahaya bisa korslet sob.
Waduh seremmmm kan.
Nah, tapi kalo sobat mau
tukeran CDI, ada cara gampang tukeran cdi standar new satria fu dengan satria fu lama. Ikutin aja gambar yang dijelasin sama Motorplus dibawah ini, dijamin tokcer.
Tapi ini hanya berlaku buat tuker-tukeran CDI FU yang sama-sama AHO ya sob, kalo dengan FU Non AHO beda lagi diagramnya.
Gambar diagram posisi Soket CDI New Satria FU 2013 (Mitsubishi) vs Satria FU AHO (Denso)
Keterangan:
Satria F150 AHO - Denso
A: Pulser
B: Kosong
C: Aki
D: Takometer
E: Ground
F: Koil
New Satria F150 - Mitsubishi
A: Aki
B: Ground
C: Koil
D: Pulser
E: Kosong
F: Takometer
A: Pulser
B: Kosong
C: Aki
D: Takometer
E: Ground
F: Koil
New Satria F150 - Mitsubishi
A: Aki
B: Ground
C: Koil
D: Pulser
E: Kosong
F: Takometer
Nah itulah tadi cara gampang tukeran cdi standar new satria FU dengan cdi satria fu lama. Kalau sobat ngerasa info ini berguna, jangan lupa kasih jempol ya sob, atau like FP facebook fumania yang ada di kolom samping kanan.
klo mau dipasang cdi brt fu aho bisa ga sob? bingung mau ganti cdi yg unlimiter tp beda socket..
ReplyDeletethanks infox...sangat membantu
ReplyDeleteIL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
ReplyDeletePADANG
HP:085264100020
pin bb:29d4b762
KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%
Kalo cdi brt fu 2012 bisa gak di pasa ke fu 2014 bro
ReplyDeletekalau cdi brt power max dual band fu thn 2011 bisa tidak di pasang di fu 2010? mohon infox
ReplyDeleteTidak bisa gan saya sudah pernah nyoba
DeleteKlo cdi fu New aho 2011 dipasang ke FU 2011 non aho rubah apa aja
ReplyDeletecdi fu baru thn 2012saya pasang di fu thailand jarum rpm tidak naik
ReplyDeleteCdi thailand tanpa 1600 rpm keatas. Sedangkan kapasitas spedometer mentok2 1300 rpm. Kalau rpm hidup kelebihi 1300 rpm. Yang ada jebol spedometer lu bg
Delete.
Saya menggunakan cdi dual band thn 2011, saya menggunakan di satria f 2013, tp knp y pengapian saya sperti terputus" itupun stelah pemakaian lebih dr 9bln? Masalahnya dimana y? Trims
ReplyDeleteCdi racing new aho kaga nyala di fu facelift pencerahannya
ReplyDeleteKalo cdi thn 2015 ke thn 2012 bisa ga gan?
ReplyDeleteRubah posisi soket aja gan seperti digambar
DeleteIntinya perbedaan CDI aja gan kalau yang Denso/lama dikasih yang Mitsubishi /diatas thn 2013 rubah posisi soket kaya digambar
ReplyDeleteSatria q tahun 2013 barong cdi pkek denso rpm gk jln knp ya
ReplyDeleteFu 2011 pake cdi yg belum aho kok ngga mau nyala ,kenapa yah bos ,,pake brt yg tipe RK jg ngga bisa
ReplyDelete