Namanya sesama rider FU wajib saling ngingetin sob. Termasuk
soal perawatan mesin Satria FU kita ini. Gak mandang pemakai lama apalagi pemakai
baru, kadang ada aja soal sepele yang dilupain sob. Kemaren udah disebut soal
tutup tangki bensin. Nah sekarang soal Filter Oli satria FU.
Tau filter oli sob? Filter oli itu saringan oli. Namanya
filter/saringan ya fungsinya memang buat nyaring kotoran yang ada di oli mesin
sob. Ngapain disaring ? kan oli kalo udah dipake didalem mesin jadi kotor,
kecampur sama kotoran kotoran mesin, gram, lumpour, serbuk, macem macem kotoran
lah sob. Tuh kotoran kalo gak disaring bisa kebawa ke mana mana sob, masuk ke
head, ke kem, ke klep, ke seher, bikin seret, bikin kasar, bikin baret.
Nahhh, filter oli itu sebenernya murah sob. Cuman 7500 perak
doang. Tapi saking murahnya banyak yang lupa merhatiin. Padahal filter oli itu
punya masa pake cuman 7500km sob. Kalo lo ganti oli tiap 2500km sekali, berarti
lo mesti ganti filter oli tiap 2x ganti oli. Gitu sobbb.
Kalo Filter oli udah kelamaan gak diganti apa efeknya? Gampang
ditebak sob. Sama aja kayak saringan bak cucian piring di dapur lo, kalo
saringannya gak pernah dibersihin ya mampet. Kotoran kotoran oli ngumpul semua
disitu, oli bersih jadi susah lewat. Oli susah naek ke jead buat ngelumasin,
mesin jadi panas deh. Overheat jadinya sob. Inga inga, overheat ye bukan
OVERHEAD. Kalo overhead = diatas kepala. Kalo Overheat = Mati kepanasan. Lahhh
ngapa jadi ngomongin overhead…ya mana gue tauu soob…hahahaha
Lanjut sob, ganti filter oli gak perlu bayar bengkel sob. Lo
cuman perlu kebengkel buat pinjem konci T8 doang…wkwkwk. Lo kerjain sendiri deh tuh. Poisisi filter oli satria FU adanya dibak mesin sebelah kanan, deket
pangkal knalpot sob. nih kayak gambar dibawah nih:
Udah deh, lo tinggal buka tuh tiga baut cover filter oli nya pake konci T8. Puter ke kiri ye sobbb buat bukanya. Jangan lo hajar kanan ntar nubruk got lo...hahahaha. Canda sobbb ahh. gitu aja marah...wkwkwk.
Kalo udah kebuka, brojol deh tuh saringan oli lama nya keluar. Lo ambil yang lama, lo buang ke tempat samapah, tapi kalo mau lo simpen buat jimat juga boleh aje sihhh sobb. hahaha. Canda lagi sobb ahh.
Sebelon pasang saringan yang baru, bersihin dulu tuh tutupnya biar kinclong. Pake koas, pake bensin biar kinclong. Baru masukin deh tuh filter oli yang baru. Pasang lagi tutupnya, kencengin 3 bautnya.
Rebes Deh !!
Keren...gw baru tau
ReplyDeleteOkay mantabe
ReplyDeletemantab gan
ReplyDeleteBero, kalo udah ganti filter oli apakah harus memakai oli dengan kapasitas 1,1 liter? Atau tetap pakai yang 1 iter?
ReplyDeleteGan..tutup filter oli ane pecah kena batu di lubang bautnya.,ada dijual gak tuh tutup???
ReplyDeletepas bangeuuud min....fu ane 2005 CBU Thailand ngadat gejala2 persisi seperti ini....
ReplyDeletesemoga dapet pahala yg baik atas pencerahanya....heheheh
Ma kasihh banget
ReplyDeleteMa kasihh banget
ReplyDeleteIt posisi pas tap oil pa dh ad oil nya gk masalah???
ReplyDeleteMas kalo satria fu pas di gas pool,atau lagi ngebut aj keluar asapnya,warnanya hitam,dan olinya cpt ente,apkah ada hubnya am filter oli,tolong di jawab mas ya masnya
ReplyDeleteMakasih... Skrng jdi tau posisi filter oli dimana... Wkwkwk
ReplyDeleteMntp uy
ReplyDeleteBos kalo sayap* angin" pnyok gmna bos wjib gnti kah, klo gak d ganti ngaruh gg bos
ReplyDeleteBos kalo sayap* angin" pnyok gmna bos wjib gnti kah, klo gak d ganti ngaruh gg bos
ReplyDeleteApa bedanya tombol mode
ReplyDeleteApa bedanya tombol mode
ReplyDelete