Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Monday, December 23, 2013

Penjelasan 4 Valve atau 4 Klep di Satria FU


By on 8:06 PM




4 KLEP VS 2 KLEP

Pasti udah biasa liat istilah ini, di striping satria fu juga ada tulisannya kan sob 4 valve. 

Apaan sih 4 valve ?
4 valve artinya 4 klep. Emang klep itu apaan? itu lohhhh yang kayak payung bentuknya. Klep itu ibarat pintu, jendela, ato portal, fungsinya buat buka tutup jalan. Kalau dibuka, ente bisa lewat. Kalau ditutup, ente mandek gak bisa masuk atopun keluar. 

Klep di motor ada dua jenis, Klep IN dan Klep Ex. Klep in jadi portal dilubang masuk bbm dari karbu ke mesin. Klep ex jadi portal dilubang keluar gas sisa bakaran ke knalpot. Kebanyakan di motor2 kita, apalagi bebek, klep jumlahnya dua.  1 Klep IN, 1 Klep Ex. Tapi di FU ada 4 empat klepnya. Dua klep IN, Dua Klep Ex.

Ngapain klep banyak banyak? 
Ente aja deh punya 3 lobang nafas kan, dua di idung satu dimulut. Nah coba sekarang ente lari lari sambil tutup idung sebelah, mengap mengap kagak? wkwkwk

Klep 4 lebih enak nafasnya dibanding klep 2. Bensin gampang masuk, sisa gas buang juga gampang dikeluarin.
Klep dua keliatannya doang klep nya Gede Gede, padahal kalo diitung total, masih lebih lebih luas jalan masuk Klep 4 yg kecil kecil.

Gak percaya?
Coba lo bikin lingkaran gede dulu 1 (ini ibaratnya penampang kubah head). Kita sebut ini AREA A.
trus lo coba bikin dua lingkaran sama besar didalemnya ampe mentok. Kalo diitung, tiap lingkaran didalem itu luasnya 25% dari luas area A. Jadi total luas 2 klep itu 50% dari area A.

Sekarang, coba bikin lagi lingkarang gede area A lagi.

Trus isi pake 4 lingkarang sama besar sampe mentok. Kalo diitung, tiap lingkaran kecil ini luasnya 0,17% dari area A. Kalo dikali 4, total luasnya itu 68% dari area A. 

Jadi, lebih gede 18% area 4 klep dibanding 2 klep.

Oke sobbbb....udah rada jelas kann sekarang.
Kalo belon jelas bukan berarti lo bodo sob...tapi gue nya yang kagak becus jelasin...hahahaha.
Pokoke gitu lahhhhhhh...hahaha

ADM1


About FU-Mania

FU-mania adalah situs online yang dikhususkan untuk menampilkan serba serbi dan berita seputar motor Suzuki Satria FU 150. Jangan lupa kunjungi Fan Page Facebooknya di "Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150" Follow Twitternya di @satriafumania, Add circle di Google plus "FU Mania"

1 comments:

  1. Interupsi gan. Coba ente itung antara H**** CS* sama Y***** Ju***** M* dengan cara di atas.

    ReplyDelete