Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Tuesday, December 3, 2013

5 Langkah Mudah Servis Rutin Sendiri Satria FU 150 di Rumah


By on 9:42 AM

5 Langkah Mudah Servis Rutin Sendiri Satria FU 150 di Rumah


Servis rutin adalah sebuah kewajiban bagi setiap pemilik sepeda motor, termasuk untuk motor satria fu. Ada anggapan kalau teknologi motor semakin canggih maka perawatannya juga bakal makin susah. Sehingga pemilik motor takut untuk melakukan tune-up sendiri (selepas garansi servis) dan harus dikerjakan oleh bengkel atau mekanik ahli. Padahal gak gitu juga sobb.

Beberapa pekerjaan servis rutin untuk satria f150 sebetulnya dapat dikerjakan sndiri di rumah dengan modal peralatan konci konci yang sederhana. Apa saja yang bisa diservis sendiri? Ini dia keterangannya: 

1. Membersihkan Karburator dan Filter Udara

servis satria fuMembersihkan karburator itu sebenernya gampang. Hanya cukup bermodal obeng min plus, sikat atau kuas halus, dan bensin. Lepaskan baut mangkok karburator dengan obeng plus, lalu gunakan obeng min untuk membuka pilot jet dan main jet. Bersihkan dengan kuas dan bensin. Untuk bagian atas yang ada vakumnya memang harus agak hati hati pada saat membuka supaya karet vakum tidak sobek.
Kalau mau lebih gampang lagi sobat bisa beli Carburator cleaner yang banyak dijual di toko spare part motor. Harganya paling 20 – 25rb doang. Caranya pakenya gampang, cukup buka klem pengikat karet box filter di moncong karbu. Hidupkan mesin lalu semprotkan carburaor cleaner di moncong karbu sambil mainin gas. Ntar kotoran di karburator rontok sendiri sob.

Sekalian bersihin juga filter udara yang terbuat dari busa. Caranya cukup direndam bensin atau air sabun, lalu peras pakai satu tangan dan kemudian keringkan.

2. Memeriksa Ketegangan Rantai Roda


Selanjutnya mengecek kerenggangan rantai, dengan cara menekan rantai sebelah bawah pada bagian tengah. Jarak kerenggangan yang ideal antara sebelum dan sesudah ditekan adalah berkisar 1-1,5 cm. Biasanya kalo udah lama gak disetel rante roda jadi kendor. Buat ngencengin lagi nyetelnya juga gampang. Pertama lo perlu konci ring atau konci pas 14 dan 17 buat ngendorin as roda belakang. Abis dikendorin as nya, lo perlu konci pas atau konci ring 10 buat muterin setelan rante yang ada di ujung swingarm sebelah kiri. Puter searah jarum jam buat ngencengin, berlawanan arah jarum jam buat ngendorin. Jangan lupa lo liat jumlah garis nya kiri ama kanan di swing arm harus sama biar center / lurus.

3. Membersihkan Busi


Busi kalo udah lama dipake perlu dibersihin karena pasti ada sisa sisa pembakaran yang nempel di busi. Buka dan keluarkan busi pake konci busi standar yang dikasih suzuki. Lo juga perlu sikat kawat buat bersihin / nyikat kepala busi. Tapi kalo jarak tempuh udah 8.000 km, busi wajib diganti sob supaya performa dapur pacu tetap fit. Cukup busi standar aja sob, murah meriah cuman 15rb.

4. Mengganti Oli dan Filter Oli


Oli mesin dianjurkan diganti setiap pemakaian 2000 – 2500km. Begitu pula dengan filter oli yang terletak di bak mesin kanan, disarankan diganti per 8.000 km berbarengan saat ganti oli mesin. Kalo buat ganti oli sih pasti tau kan sob. Caranya tinggal buka baut pembuangan oli yang ada di kolong mesin, bagusnya pake konci ring 17. Siapin mangkok atau plastik buat nampung oli bekas. Kalau baut buangan oli udah dibuka, biarkan oli mengucur keluar sampe habis tetesan terakhir, trus tutup lagi deh kencengin bautnya. Gak perlu lagi disemprot pake kompresor sob.

Setelah itu buka tutup bak oli atas yang di deket selahan kaki. Pake tang kalo susah bukanya. Udah deh lo tinggal tuangin oli baru nya kebak oli, pake corong biar gak belepotan sob.
Nah kalo buat buka cover filter oli udah dijelasin di artikel INI sob. Cuma perlu kunci 8 mm buat buka cover filter oli, lalu tarik filter oli yang lama keluar. Sebelum, saringan baru dipasang, bersihkan dulu endapan kotoran yang kemungkinan menempel di rumah filter pakai kain bersih.
 

5. Melumasi dan Menyetel Kabel Kopling

Kopling yang seret bisa bikin berkendara jadi gak nyaman. Gampang pegel. Makanya mesti rutin dilumasin dan disetel jarak maennya. Buka dari bawah di tuas pengungkit kopling di deket selahan biar gampang buka kabelnya. Trus buat ngelumasin kabel koplingnya bisa pake oli bersih atau minyak singer. Kalau mau tuntas bersihinnya, tambahin pake WD40. Jangan lupa setel jarak maen kopling, caranya tinggal atur dari pangkal tuas kopling depan, tinggal diputer aja pake tangan atau pake tang kalau susah.


Nah itu tadi 5 langkah mudah servis rutin sendiri satria fu lo dirumah. Lumayan kan sob kalo tiap bulan bisa menghemat duit servis ke bengkel.

About FU-Mania

FU-mania adalah situs online yang dikhususkan untuk menampilkan serba serbi dan berita seputar motor Suzuki Satria FU 150. Jangan lupa kunjungi Fan Page Facebooknya di "Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150" Follow Twitternya di @satriafumania, Add circle di Google plus "FU Mania"

6 comments:

  1. kenapa ya gan, satria fu ane rante ketengnya berisik betul

    ReplyDelete
  2. BERITA MOTOGP 2015 itu masalah dari stasioner mas bro ....... salam anak manna Motor

    ReplyDelete
  3. Thanks sob..ane uda langsung praktek dirumah..
    Hasilnya memuaskan ,meskipun baru pertama kali .
    Kalo bisa hrus ada videonya juga sob..biar tambah jelasss..

    ReplyDelete
  4. Mantap sob. Nih tiga bintang *** 😁

    ReplyDelete
  5. Bang numpang nanya, kalo roda sering goyang saat berkendara biasa disebabkan oleh apa??,,

    ReplyDelete