Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Saturday, November 23, 2013

TRIK GAMPANG TUKERAN CDI STANDAR NEW SATRIA FU VS FU LAMA


By on 12:24 PM

CARA GAMPANG TUKERAN CDI STANDAR NEW SATRIA FU VS FU LAMA

New Satria FU 2013 udah mulai banyak di jalanan sob. Makin laris makin banyak pemakai satria fu baru. Nahhh yang jadi masalah sob ada beberapa komponen di satria fu baru keluaran 2013 yang beda dibanding satria fu keluaran sebelumnya. Salah satunya CDI. Gak usah jauh jauh deh sob, sama satria FU batok gede 2012 aja udah beda. Padahal sama sama AHO. Apalagi kalo dibandingin FU CBU, CKD, atau batok gede keluaran lama yang belum AHO, lebih beda lagi.  Ngomong-ngomong soal AHO, tau artinya AHO kan sob? Aho itu maksudnya motor yang Lampu depannya otomatis nyala waktu motor dikontak ON. Jadi gak pake saklar on off lampu lagi kayak motor jaman dulu. Gitu sobbb....

Nah salah satu komponen yang beda kan CDI standarnya. Tau CDI apa sob? CDI itu komponen pengapian sob. Bentuknya kotak warna item yang posisinya ada di bawah tangki sebelah kiri, deket keran bensin. CDI New satria FU merknya Mitsubishi, kalau CDI FU batok gede merknya Denso. Bukan Cuma merk nya yang beda sob, posisi kaki di soket cdi nya juga beda. Jadi gak bisa langsung tukeran pake CDI lama vs baru.  Colokan kabel nya mesti disesuaikan sama posisi kaki yang bener. Kalau langsung dipasang, malah bahaya bisa korslet sob. Waduh seremmmm kan.


Nah, tapi kalo sobat mau tukeran CDI, ada cara gampang tukeran cdi standar new satria fu dengan satria fu lama. Ikutin aja gambar yang dijelasin sama Motorplus dibawah ini, dijamin tokcer. Tapi ini hanya berlaku buat tuker-tukeran CDI FU yang sama-sama AHO ya sob, kalo dengan FU Non AHO beda lagi diagramnya.

Gambar diagram posisi Soket CDI New Satria FU 2013 (Mitsubishi) vs Satria FU AHO (Denso)

 
 Diagram Soket CDI New Satria FU


Keterangan:
Satria F150 AHO - Denso
A: Pulser
B: Kosong
C: Aki
D: Takometer
E: Ground
F: Koil

New Satria F150 - Mitsubishi

A: Aki
B: Ground
C: Koil
D: Pulser
E: Kosong
F: Takometer
 

Nah itulah tadi cara gampang tukeran cdi standar new satria FU dengan cdi satria fu lama. Kalau sobat ngerasa info ini berguna, jangan lupa kasih jempol ya sob, atau like FP facebook fumania yang ada di kolom samping kanan.


About FU-Mania

FU-mania adalah situs online yang dikhususkan untuk menampilkan serba serbi dan berita seputar motor Suzuki Satria FU 150. Jangan lupa kunjungi Fan Page Facebooknya di "Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150" Follow Twitternya di @satriafumania, Add circle di Google plus "FU Mania"

16 comments:

  1. klo mau dipasang cdi brt fu aho bisa ga sob? bingung mau ganti cdi yg unlimiter tp beda socket..

    ReplyDelete
  2. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762

    KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

    ReplyDelete
  3. Kalo cdi brt fu 2012 bisa gak di pasa ke fu 2014 bro

    ReplyDelete
  4. kalau cdi brt power max dual band fu thn 2011 bisa tidak di pasang di fu 2010? mohon infox

    ReplyDelete
  5. Klo cdi fu New aho 2011 dipasang ke FU 2011 non aho rubah apa aja

    ReplyDelete
  6. cdi fu baru thn 2012saya pasang di fu thailand jarum rpm tidak naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cdi thailand tanpa 1600 rpm keatas. Sedangkan kapasitas spedometer mentok2 1300 rpm. Kalau rpm hidup kelebihi 1300 rpm. Yang ada jebol spedometer lu bg
      .

      Delete
  7. Saya menggunakan cdi dual band thn 2011, saya menggunakan di satria f 2013, tp knp y pengapian saya sperti terputus" itupun stelah pemakaian lebih dr 9bln? Masalahnya dimana y? Trims

    ReplyDelete
  8. Cdi racing new aho kaga nyala di fu facelift pencerahannya

    ReplyDelete
  9. Kalo cdi thn 2015 ke thn 2012 bisa ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rubah posisi soket aja gan seperti digambar

      Delete
  10. Intinya perbedaan CDI aja gan kalau yang Denso/lama dikasih yang Mitsubishi /diatas thn 2013 rubah posisi soket kaya digambar

    ReplyDelete
  11. Satria q tahun 2013 barong cdi pkek denso rpm gk jln knp ya

    ReplyDelete
  12. Fu 2011 pake cdi yg belum aho kok ngga mau nyala ,kenapa yah bos ,,pake brt yg tipe RK jg ngga bisa

    ReplyDelete