Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Friday, November 8, 2013

Problem Satria FU Kena Air Susah Nyala, Gampang Solusinya !!


By on 4:38 AM

Satria FU memang desain bodynya simpel broo. Enak diliat tapi kadang jadi masalah karena terlalu terbuka saking simpelnya. Gampang masuk air ke lobang busi. Suka jadi susah nyala kalo kena air abis dicuci atau kehujanan. Gimana caranya dong atasi problem satria fu ini? Gampang broo. Nih admin bagi solusinya disini.

Ceritanya M. Sayuti alias Uteng pusing delapan keliling karena Suzuki Satria FU 150 miliknya payah hidup. Diselah beberapa kali, tetap ogah hidup. Pas dicek kondisi setelan karburator sesuai standar pabrik. Kondisi motor pun sangat terawat. Servis berkala enggak lupa. “Jadi apa donk yang bermasalah? Bingung?,” kesal bocah asal Jl. Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


Coba inget sekali lagi. “Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci. Main siram aja. Air masuk ke tutup dan lubang busi,” jelas Hasan Basri, pemilik bengkel dari Hasan Motor, Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.

Air masuk ke tutup dan busi lantaran jarak sasis dan kepala silinder renggang. Air mudah masuk karena celah yang renggang dan posisi mesin vertikal (gbr. 1). Air bisa masuk langsung ke silinder head. “Ini beda sama Suzuki Raider 125. Rapat sama batang (sasis, red) tengah,” beber Hasan yang juga mekanik Jakarta X-Treme


Tambahan lagi desain lubang busi di kepala silinder ada got nya. Plus celah antara kepala busi sama lubang. Air merembes dari situ. Air ngendap. Api busi enggak bisa besar waktu diselah. Makanya susah nyala.



Hasan ngasih saran bisa aja per 8.000 km lubang busi dicek dan dibersihkan. Tapi, antisipasi dini bisa kok dilakoni. Tutup got lubang busi dengan isolasi (gbr. 2). Termasuk juga kepala busi (gbr. 3).


Nahhh, gampang kan broo. Dengan cara murah meriah ini maka problem Satria FU kena air susah nyala bisa diatasi, seenggaknya bisa diminimalisasi lah. Jangan lupa bro mesti rajin bersihin lubang pembuangan air dari busi yang posisinya ada di samping pangkal knalpot. Biar lancarrrr buangan air dari got busi gak ngendap.
Satria FU kena air ? Siapa takuttttttttttttt. hehehe, 


Sumber: MotorPlus 

About FU-Mania

FU-mania adalah situs online yang dikhususkan untuk menampilkan serba serbi dan berita seputar motor Suzuki Satria FU 150. Jangan lupa kunjungi Fan Page Facebooknya di "Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150" Follow Twitternya di @satriafumania, Add circle di Google plus "FU Mania"

19 comments:

  1. motor apaan kena air mogok... katanya DOCH...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah salah kenceng-kenceng lagi ngomongnya . mungkin dia lelah .

      Delete
    2. Mulut lu gw masukin AIR mampus gak ?

      Delete
    3. Mungkin motor dia LeGENDA ASTREA engga pake sistem DOHC makanya. Ngomong aja Salah Kaya Baby bru lahir

      Delete
    4. Mungkin motor dia LeGENDA ASTREA engga pake sistem DOHC makanya. Ngomong aja Salah Kaya Baby bru lahir

      Delete
  2. bawah knalpot ada pembuangan air dari busi mungkin kotor tu.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. lubang yg di bagian bawah knalpot itu untuk pembuangan air yg masuk dari ujung knalpot bro, bukan malah air yg masuk dari ruang pembakaran

      Delete
  3. DOCH...???
    HA..HA..HA.. MENTAL KACAU

    ReplyDelete
  4. Salam kenal suhu2.. Ijin gabung,,. Baru py fu 2012 nih....

    ReplyDelete
  5. Udah gw isolasi, tapi tetep aja ke masukkan air kepala busi w .

    ReplyDelete
  6. Saya juga tuh ttp sja susah nyala kalau dah di cuci.

    ReplyDelete
  7. Ulasan artikelnya sangat luar biasa gan ini sangat bermanfaat sekali...terimakasih telah berbagi informasi ya...ijinkan saya juga berbagi informasi mengenai cara mengatasi RPM satria Fu 150 yang error, semoga bermanfaat ya...

    ReplyDelete
  8. gan.. kabel di atas busi ya g dilindungi karet pelindung itu klo ditarik memang putus terus disambung ato nggax gimana gan..soal nya kemaren saya tarik malah putus...mhon infonya gan ..mkseh

    ReplyDelete
  9. Satria sya tahan hujan, riding pas ujan lebat juga Santy aja, busi di isolasi yg rapat, sama koil juga,

    ReplyDelete
  10. Baru dilap lap motornya udh susah nyala..

    ReplyDelete