SEJARAH SATRIA FU 150
Salam Jumpa para FU-Mania...!!Hari ini admin pengen cerita soal Sejarah Satria FU 150 kesayangan kita semua. Jangan ngaku fu-mania dehh kalo belon kenal asal usul satria fu., hehehehehe.
Suzuki Satria FU 150 adalah motor sport moped (bebek) keluaran suzuki. Motor bergenre SPORT UNDERBONE saat ini adalah tulang punggung penjulan motor Suzuki di Indonesia. Bisa dibilang motor paling laku di Indonesia saat ini.
Basis awal Suzuki Satria FU adalah Suzuki RC100.
Suzuki RC100 adalah generasi kedua Suzuki RC yang beredar di Indonesia. Untuk
mengimbangi regenerasi yang dilakukan oleh Yamaha dengan mengeluarkan seri
V100E (Yamaha Alfa), Suzuki pun merilis type RC100. Sesuai namanya, kapasitas
motor dua tak ini adalah 100cc (99cc tepatnya) dengan menggunakan basis mesin
yang sama dengan RC80. Motor jenis RC100 ini mengawali era “perang dingin”
antara kelas bebek Suzuki vs bebek Yamaha bebek di Sirkuit Balap Ancol.
Pada tahun 1988, Suzuki memproduksi RC100
Sprinter yang merupakan bebek bertipe ayam jago pertama di Indonesia. Dengan
perbaikan suspensi depan yang sangat mendongkrak karir Suzuki RC di dunia
balap. Pada era itu Suzuki RC100 (Sprinter) mampu bersaing melawan Yamaha Alfa
yang berkapasitas 102cc, dan boleh dibilang hasil akhirnya adalah imbang.
Di bebek 2 tak, gebrakan suzuki berikutnya adalah
sang legenda Satria R 120 yang pertama muncul sekitar 1998. Motor 2 tak
berbasis bebek tapi dengan kekuatan motor sport. Tarikan dan suspensinya bagus.
Biarpun berbasis bebek, satria memiliki bebrapa fitur motor sport, seperti:
persneling sport, kopling manual dll. Disusul kemudian dengan beberapa
perubahan di satria 2 tak ini tahun 2002 dan 2004 (Satria 120R). Suzuki
akhirnya menstop produksi satria 2 tak tahun 2006. Selain Satria 2tak, suzuki
juga pernah memiliki jagoan bernama RK Cool. Desain ayam jago 110cc 2 tak
dengan fitur berkelas juga.
Di kelas bebek 4 tak, Suzuki juga menggelontorkan varian bebek yang juga powerful saat itu yaitu FX125 dan Raider 125. Dua duanya 125cc 4 tak tapi beda desain body, tapi rangkanya sendiri merupakan cikal bakal Suzuki Satria FU. Udah DOHC juga, 4 klep juga, Oil Cooled juga, tapi transmisi giginya masih 5 speed. Untuk kelas sportnya, spek canggih seperti ini dibenamkan di jagoan Suzuki dikelas sport bike yaitu Suzuki FXR 150.
MUNCULNYA LEGENDA BARU: SUZUKI SATRIA FU 150
Tahun 2004, Suzuki menggebrak pasar sepeda motor
dengan terobosan fenomenal di Asia Tenggara yaitu dengan lahirnya Satria F 150.
Pertama kali diluncurkan di thailand dengan nama Raider 150. Sport underbone
dengan kapasitas mesin yang WAH banget: 150cc, 4 tak. Spek yang lainnya juga
menjadi standar spek kelas tinggi: DOHC, 4Valve, 6 Speed, Oil Cooled, Suspensi
Monoshock, Konstruksi sasis/rangka yang ringan dan modern, Velk sporty, rem
depan cakram diameter besar, rem belakang cakram. Spek sekelas ini BELUM PERNAH
ADA dimotor bebek lain dijaman itu. Masterpiece. Mentasbihkan Satria FU 150
sebagai Rajanya Underbone, bebek tersakti dantara bebek-bebek lainnya.
Pada pekembangannya, terjadi beberapa perubahan
pada satria fu 150. Mulai tahun 2006 saat diluncurkan pertama kali satria Fu ‘lokal’
di Indonesia. Dengan tiga varian warna, merah biru dan hitam. Dikenal dengan
Satria FU CKD (Completely Knock Down). Spek sama persis dengan versi impor nya
(CBU = Completely Built Up), cuman ditambahin elektrik starter.
Perubahan berikutnya tahun 2008. Terinspirasi
dari peluncuran Suzuki gsx-r600, satria fu dirombak lagi dengan tampilan
baru. Yang paling kentara di sektor batok dan speedometer. Batok jadi gede, dan
penambahan fitur Econo dan Power riding. Dan
yang paling baru di tahun 2013 ini, dengan
diluncurkannya New Satria FU 150. Batok dirubah lagi, desain baju body
nya juga beda dari versi lama. Sekarang udah menganut AHO (Automatic
Headlamp On), jalur
kabel CDI juga beda.
Nah itulah tadi sekilas SEJARAH SATRIA FU 150 yang perlu fu-mania tahu. Kabarnya, sebentar lagi Suzuki bersiap meluncurkan
Satria FU versi Injeksi buat gantiin sistem karburator. Kita tunggu aja bro.
Yang jelas apapun versinya, Satria FU tetap motor fenomenal yang pantes jadi
salah satu legenda motor di Indonesia.
Setuju FU-Mania ?
Mantap banget gan ulasan sejarah satria fu-nya.
ReplyDeletethanks bangett mas gan mencerahhkan
ReplyDelete