Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Thursday, November 28, 2013

Komparasi Top Speed Akselerasi Konsumsi Bensin New Satria FU 2013


By on 1:18 AM

Komparasi Top Speed, Akselerasi, Konsumsi Bensin New Satria FU 2013

Satria FU emang masuknya motor bebek sobbb.......tapi bukan sekali dua kali orang orang kalo bikin perbandingan buat FU justru dikomper nya sama motor-motor laki. Lhaaaa mau begimana, emang mesin FU udah masuk kelas laki sobbb....150cc DOHC 6 Speed 4 Valve Oil Cooled.  Bukannya mau sombong nihh sob, spek FU yang kayak begini tuh padahal bukan spek baru, udah dipake dari sejak FU brojol tahun 2004, sampai hari ini masih belon ada motor bebek yang speknya nyamain sobbb. Jadi wajar kalo akhirnya banyak yang bandingin satria FU sama motor batangan, motor sport, motor laki. 

Salah satunya fumania nemu di blognya iwanbanaran.com sob. Ada komparasi new fu sama scorpio, tiger, pulsar200NS, ama duke 200. Ditulis ulang disini supaya jadi referensi buat fumania juga.


Dalam sejarahnya…SIS merombak Satria FU sebanyak 2 kali. Yang pertama desain asli dari Raider 150 Thailand, kedua batok lampu mekar dengan paruh diujung dan ketiga perombakan ulang ditahun 2013 dengan shape headlamp lebih kotak (2 revision). Basis engine sama….gen kedua hanya dijejali fitur eco riding switch untuk menekan komsumsi bahan bakar. Sedang yang terbaru (versi 2013)…..kendati identik pihak Suzuki sedikit memberikan sentuhan pada bahan filter…naiknya main jet dari 110 ke 112,5 plus starter jet dari 25 ke 17,5. Terus gimana setelah ditest??….


Seperti karakter engine overbore pada umumnya…..menurut tim Otomotif, power new Satria FU tidak galak diRPM rendah menengah. Gas dibejek dalam hanya mringis tanda minta kailan putaran mesin lebih tinggi. Benar saja….lengkingan tenaga baru terasa setelah masuk direntang 6000 RPM….hingga melewati 11,000RPM. Dengan tenaga 15,84hp ditunjang bobot super ringan yakni 107kg…..dilintasan trek berjarak 1 km, gas mentok gear enam posisi nunduk……top speed tembus 131km/jam on speedometer. Weleh…kencang juga ya bro. Tapi gimana setelah diintip dengan alat racelogic??.

Alat pengukur menunjuk 121,6km/jam. Yup….walau dibekali speedo digital…..penyimpangan kalibrasi termasuk besar. Hasil tersebut sebenarnya tidak mengagetkan mengingat IWB juga pernah komparasi akurasi speedometer Satria diartikel lawas. Tidak puas hanya menggali kecepatan puncak…tim media Otomotif mengeksplorasi akselerasi tiap kecepatan dan diperoleh hasil sebagai berikut…

0 – 60 km/jam : 4,3 detik
0 – 80 km/jam : 7,3 detik
0 – 100 km/jam : 12,8 detik
0 – 100 M : 7,2 detik
0 – 201 M : 11,3 detik
0 – 402 : 18,3 detik

Top speed : 131 km/jam (racelogic 121,6 km/jam)

Pengetesan tidak afdol tanpa diukur komsumsi bahan bakar Dengan mematikan fitur shift light, seliter Pertamax bisa menempuh jarak 34,4km. Weleh…lumayan irit ya bro. Yup…banderol 19jutaan performa 25jutaan. Ora percoyo?. Monggo intip tabel terlampir….


Kendati jauh menurun dibanding gen pertama….terlihat performa new Satria masih bisa bersanding dengan beberapa sport tanah air. Tidak heran motor ini laris manis bak kacang goreng. Desain masuk disegala lapisan…..engine juga mumpuni. Sayang….untuk akselerasi hingga 100km/jam…..Satria kalah tipis dibanding Tiger sekalipun. Hanya top speed dimana siSuzi hanya bertekuk lutut melawan Duke 200 serta Pulsar 200NS. 

Sumber berita: Blog IwanBanaran

Nah itu tadi diatas perbandingan new satria fu 2013 dibandingin sama motor motor laki sob. Jadi gak salah juga kalo bebek ini disebut Hyper Underbone. Karena tampangnya doang bebek, tenaganya hyper diatas bebek biasa sob. 

Makin cinta ajaa dahhhhhh ama satria fu.

About FU-Mania

FU-mania adalah situs online yang dikhususkan untuk menampilkan serba serbi dan berita seputar motor Suzuki Satria FU 150. Jangan lupa kunjungi Fan Page Facebooknya di "Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150" Follow Twitternya di @satriafumania, Add circle di Google plus "FU Mania"

0 comments:

Post a Comment