Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Friday, November 22, 2013

3 TIPS JITU SATRIA FU STANDAR BIKIN NGIBRIT TANPA PART RACING


By on 12:08 AM

TIPS SATRIA FU NGIBRIT TANPA PART RACING

Sobb, Suzuki Satria F-150 bisa dibikin ngaacir tanpa ganti part racing mahal. Caranya gampang sob! Kita bisa contek trik mekanik yang terjun di OMR Suzuki dijelasin ama MotorPlus diartikel ini. Pastinya contekannya dari tim yang turun di kelas Satria F-150 pemula dan seeded.

Tanpa ganti komponen namun bisa kencang. Terlebih kem tidak boleh diutak-atik lantaran melanggar regulasi. Makanya, bisa ditiru awam. Tanya Adjat Sudrajat, mekanik Ahmad Jayadi Motorsport (AJM). Doi bisa tune-up F-150 agar akselarasi galak dan top-speed meningkat.

Perkerjaan ini biasa dilakukan pada saat bebek sporty Suzuki lagi servis besar. “Syaratnya nggak banyak, murah dan tidak bikin repot. Apalagi harus bawa blok mesin atau head ke tukang bubut untuk dipapas. Itu semua tidak perlu,” pasti mekanik praktik di Jl. Raya Pondok Gede, No. 9, Bekasi.

Menurutnya lagi, ada beberapa trik mesti dijalani. Juga tidak lupa membeli komponen pendukung lain agar hasil akhir yang diinginkan jadi lebih sempurna.

Untuk dongkrak kompresi agar dapat putaran bawah lebih enteng, nggak perlul papas head. Cukup mengurangi ketebalan paking tengah standar yang punya ketebalan sekitar 0,4 mm (gbr. 1). Dengan langkah ini, rantai keteng tidak perlu dikurangi apalagi sampai takut kepala piston nyundul.

Lalu untuk meringankan gasingan menengah hingga putaran atas. “Cukup menurunkan jumlah mata gir belakang 4 mata dari 14/43 jadi 14/39 (gbr. 2),” jelas Adjat.

“Cuma yang mesti diawasi, setingan spuyer karburator. Jangan sampai kekurangan apalagi kelebihan. Cukup pilot-jet 17,5 dan main-jet 115. Tenaga dijamin gak bakal kedodoran (gbr. 3),” tutup Adjat.

Nah itulah tadi sob trik bikin Satria FU standar makin ngibrit tanpa perlu part racing.  
1. Lepas Paking Selembar
2. Naek spuyer pilot jet main jet 17,5 - 115
3. Turunin gear belakang 14/39


Josss gandossss rekkk !!

About FU-Mania

FU-mania adalah situs online yang dikhususkan untuk menampilkan serba serbi dan berita seputar motor Suzuki Satria FU 150. Jangan lupa kunjungi Fan Page Facebooknya di "Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150" Follow Twitternya di @satriafumania, Add circle di Google plus "FU Mania"

38 comments:

  1. Gearnya berarti harus ganti \ beli baru yg 14\39 ya gan ?spuyer pilot jet sama maen jet nya di ganti juga atw hanya dengan menyeteL aja gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli belakangnya sja sobbbbb............standar 43.
      kalo 39 kekecilan bisa pake 41 sobbbbbbbbbbb...
      spuyer ganti juga kalo fu lama.....
      kalo new fu gak perluuuuuu sobbb....spuyer aslinya udah gede 17,5

      Delete
    2. Lohh mas bro..bukan nya standard pjmj satria fu 2013 keatas/new fu itu pake pj 12,5 dan mj 112,5 yaa??
      Kalo standard nya segitu musti diganti pa gmnmas broo??

      Delete
  2. musti ganti rante juga kagak ?

    ReplyDelete
  3. harga paking hadnya brapa gan kira"

    ReplyDelete
  4. Om fu ne thn 2012, prlu ganti pj ny ngga?
    Tp ane uda beli pj mj ny yg d jlsin d atas

    ReplyDelete
  5. paling enak ganti gir belakang mendingan punya turnado 40 belang spik engk terlalu jauh ..........

    ReplyDelete

  6. gan pj sama mj itu variasi atau bisa di cabut kan dari motor lain gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilot jet yg 17,5 itu punya shogun lama harga sekitar 70rb. Atau bisa beli merk kitaco atau daytona biar gampang. Harga sekitar 30rb

      Delete
  7. maksih gan infonya.salam fu-mania :)

    ReplyDelete
  8. pj mj itu letaknya di mangkuk karburator.. bukan variasi..
    sesuaikan ukuran dengan karakter mesin masing"
    kalau masih standar enaknya standar aja ting ting.. lebih joos tahan lama

    ReplyDelete
  9. Bro, kalo ganti gir belakang jadi 39, ngefek ke top speed gk bro?

    salam..

    ReplyDelete
  10. Saran g jgn dilepas packingnya selembarpun,..kasian piston/rings,.cz kompresi fu uda tggi ( akibatnya piston rings,..liner cepat aus,..sekalipun scem,..
    Kasian jg prof suzuki jepang uda botak riset ngitung tebal ntu packing,..

    ReplyDelete
  11. Saran g jgn dilepas packingnya selembarpun,..kasian piston/rings,.cz kompresi fu uda tggi ( akibatnya piston rings,..liner cepat aus,..sekalipun scem,..
    Kasian jg prof suzuki jepang uda botak riset ngitung tebal ntu packing,..

    ReplyDelete
  12. Punya Saya Satria F tahun 2015 , Apa harus dilepas packing selembar ????

    Salam...

    ReplyDelete
  13. Yg deket mall pondok gede merapat aja,pas puteran kok,deket sama lobang buaya

    ReplyDelete
  14. Mj 115-120an pake MJ apa ya ?

    ReplyDelete
  15. Kalo pake FE 28 plot jet main jet nya cocok pake yg brapa mas, punya saya pke. Plot 42 mj mke 122 malah brebet klo gk pke sringan, pke saringan malah gak ada tenaga. . Mnta saraan nya mas saya udeh puyeng.

    ReplyDelete
  16. klo brebetnya di awal brarti pj perlu di naikkan..tp klo ditarikan tengah sampai tinggi brarti mj perlu di naikkan lg.
    Klo analisa punya masbro yg sekarang itu kegedean angin tp kurang bensin alias pembakaran kurus.

    ReplyDelete
  17. Gan kalau ganti pjmj ukuran 17,5 dan 115,itu bisa bikin boros bensin gk sihh?
    Salam

    ReplyDelete
  18. Gan kalau ganti pjmj ukuran 17,5 dan 115,itu bisa bikin boros bensin gk sihh?
    Salam

    ReplyDelete
  19. kekurangan pwk 28 panom bwat fu standar....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon penjelasanya ya gann...mklum orang awam gann..heheehhe

      Delete
    2. mohon penjelasanya ya gann...mklum orang awam gann..heheehhe

      Delete
  20. kekurangan pwk 28 panom bwat fu standar....???

    ReplyDelete
  21. bengkel yang cakep seting ini semua di wilayah jakarta timur dimana ya gan? thanks

    ReplyDelete
  22. Main jet 115 punya kendaraan ap gan?
    klau pilot jet 17,5 shogun lama klau main jet 115 punya ap?

    ReplyDelete
  23. mending pake karbu king asli uda enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pj/mj ukuran brp kalo pake karbu king buat satria fu ?

      Delete
  24. Jalok mau enak sedikit pengeluaran uang ...coba 1.paking kompresi yang aslinya 3 lapis di buang 2 lapis.
    2.bila mau buat stop and go gir depan pakai uk 12/13 yang aslinya 14
    Bila mau pakek Turing/jarak jauh pakai gir belakang uk 40/41
    3.sedikit keluarin uang buat beli karbu PE,Pwk kalok masih mau pakek karburator std.cukup ganti pj mj ukuran menyesuaikan

    ReplyDelete
  25. Kalok punya gue..Satria Fu th2011 cuma saya ganti karbu pwk uk28.lepas paling kompresi 2 lembar.sama pakai gir depan uk 12.karna buat stop and go itu motor udah enak tenaganya udah cukup liar

    ReplyDelete
  26. Kalok punya gue..Satria Fu th2011 cuma saya ganti karbu pwk uk28.lepas paking kompresi 2 lembar.sama pakai gir depan uk 12.karna buat stop and go itu motor udah enak tenaganya udah cukup liar

    ReplyDelete