TIPS SATRIA FU NGIBRIT TANPA PART RACING
Sobb, Suzuki Satria F-150 bisa dibikin ngaacir tanpa ganti part racing mahal. Caranya gampang sob! Kita bisa contek trik mekanik yang terjun di OMR Suzuki dijelasin ama MotorPlus diartikel ini. Pastinya contekannya dari tim yang turun di kelas Satria F-150 pemula dan seeded.
Tanpa ganti komponen namun bisa kencang. Terlebih kem tidak
boleh diutak-atik lantaran melanggar regulasi. Makanya, bisa ditiru awam. Tanya
Adjat Sudrajat, mekanik Ahmad Jayadi Motorsport (AJM). Doi bisa tune-up F-150
agar akselarasi galak dan top-speed meningkat.
Perkerjaan ini biasa dilakukan pada saat bebek sporty Suzuki
lagi servis besar. “Syaratnya nggak banyak, murah dan tidak bikin repot.
Apalagi harus bawa blok mesin atau head ke tukang bubut untuk dipapas. Itu
semua tidak perlu,” pasti mekanik praktik di Jl. Raya Pondok Gede, No. 9,
Bekasi.
Menurutnya lagi, ada beberapa trik mesti dijalani. Juga
tidak lupa membeli komponen pendukung lain agar hasil akhir yang diinginkan
jadi lebih sempurna.
Untuk dongkrak kompresi agar dapat putaran bawah lebih
enteng, nggak perlul papas head. Cukup mengurangi ketebalan paking tengah
standar yang punya ketebalan sekitar 0,4 mm (gbr. 1). Dengan langkah ini,
rantai keteng tidak perlu dikurangi apalagi sampai takut kepala piston nyundul.
Lalu untuk meringankan gasingan menengah hingga putaran
atas. “Cukup menurunkan jumlah mata gir belakang 4 mata dari 14/43 jadi 14/39
(gbr. 2),” jelas Adjat.
“Cuma yang mesti diawasi, setingan spuyer karburator. Jangan
sampai kekurangan apalagi kelebihan. Cukup pilot-jet 17,5 dan main-jet 115.
Tenaga dijamin gak bakal kedodoran (gbr. 3),” tutup Adjat.
Nah itulah tadi sob trik bikin Satria FU standar makin
ngibrit tanpa perlu part racing.
1. Lepas Paking Selembar
2. Naek spuyer pilot jet main jet 17,5 - 115
3. Turunin gear belakang 14/39
Josss gandossss rekkk !!
Gearnya berarti harus ganti \ beli baru yg 14\39 ya gan ?spuyer pilot jet sama maen jet nya di ganti juga atw hanya dengan menyeteL aja gan ?
ReplyDeletebeli belakangnya sja sobbbbb............standar 43.
Deletekalo 39 kekecilan bisa pake 41 sobbbbbbbbbbb...
spuyer ganti juga kalo fu lama.....
kalo new fu gak perluuuuuu sobbb....spuyer aslinya udah gede 17,5
Lohh mas bro..bukan nya standard pjmj satria fu 2013 keatas/new fu itu pake pj 12,5 dan mj 112,5 yaa??
DeleteKalo standard nya segitu musti diganti pa gmnmas broo??
musti ganti rante juga kagak ?
ReplyDeleteharga paking hadnya brapa gan kira"
ReplyDeleteOm fu ne thn 2012, prlu ganti pj ny ngga?
ReplyDeleteTp ane uda beli pj mj ny yg d jlsin d atas
paling enak ganti gir belakang mendingan punya turnado 40 belang spik engk terlalu jauh ..........
ReplyDelete
ReplyDeletegan pj sama mj itu variasi atau bisa di cabut kan dari motor lain gan..
pilot jet yg 17,5 itu punya shogun lama harga sekitar 70rb. Atau bisa beli merk kitaco atau daytona biar gampang. Harga sekitar 30rb
DeleteTrims ya infonya
ReplyDeletemaksih gan infonya.salam fu-mania :)
ReplyDeletepj mj itu letaknya di mangkuk karburator.. bukan variasi..
ReplyDeletesesuaikan ukuran dengan karakter mesin masing"
kalau masih standar enaknya standar aja ting ting.. lebih joos tahan lama
Bro, kalo ganti gir belakang jadi 39, ngefek ke top speed gk bro?
ReplyDeletesalam..
Saran g jgn dilepas packingnya selembarpun,..kasian piston/rings,.cz kompresi fu uda tggi ( akibatnya piston rings,..liner cepat aus,..sekalipun scem,..
ReplyDeleteKasian jg prof suzuki jepang uda botak riset ngitung tebal ntu packing,..
Saran g jgn dilepas packingnya selembarpun,..kasian piston/rings,.cz kompresi fu uda tggi ( akibatnya piston rings,..liner cepat aus,..sekalipun scem,..
ReplyDeleteKasian jg prof suzuki jepang uda botak riset ngitung tebal ntu packing,..
Punya Saya Satria F tahun 2015 , Apa harus dilepas packing selembar ????
ReplyDeleteSalam...
Kalo fu 2015 pj dan mj standar nya pake ukuran brp y mas broo?
Delete12,5/110 bg
DeleteYg deket mall pondok gede merapat aja,pas puteran kok,deket sama lobang buaya
ReplyDeleteMj 115-120an pake MJ apa ya ?
ReplyDeleteExtrem , banyak di aksesoris motor terbesar
DeleteKalo pake FE 28 plot jet main jet nya cocok pake yg brapa mas, punya saya pke. Plot 42 mj mke 122 malah brebet klo gk pke sringan, pke saringan malah gak ada tenaga. . Mnta saraan nya mas saya udeh puyeng.
ReplyDeleteklo brebetnya di awal brarti pj perlu di naikkan..tp klo ditarikan tengah sampai tinggi brarti mj perlu di naikkan lg.
ReplyDeleteKlo analisa punya masbro yg sekarang itu kegedean angin tp kurang bensin alias pembakaran kurus.
Gan kalau ganti pjmj ukuran 17,5 dan 115,itu bisa bikin boros bensin gk sihh?
ReplyDeleteSalam
Gan kalau ganti pjmj ukuran 17,5 dan 115,itu bisa bikin boros bensin gk sihh?
ReplyDeleteSalam
Klo pj mj 17,5 sma 118 gmna gan
ReplyDeletekekurangan pwk 28 panom bwat fu standar....???
ReplyDeletemohon penjelasanya ya gann...mklum orang awam gann..heheehhe
Deletemohon penjelasanya ya gann...mklum orang awam gann..heheehhe
Deletekekurangan pwk 28 panom bwat fu standar....???
ReplyDeletebengkel yang cakep seting ini semua di wilayah jakarta timur dimana ya gan? thanks
ReplyDeleteMain jet 115 punya kendaraan ap gan?
ReplyDeleteklau pilot jet 17,5 shogun lama klau main jet 115 punya ap?
Shogun jg sama
Deletemending pake karbu king asli uda enak
ReplyDeletePj/mj ukuran brp kalo pake karbu king buat satria fu ?
DeleteJalok mau enak sedikit pengeluaran uang ...coba 1.paking kompresi yang aslinya 3 lapis di buang 2 lapis.
ReplyDelete2.bila mau buat stop and go gir depan pakai uk 12/13 yang aslinya 14
Bila mau pakek Turing/jarak jauh pakai gir belakang uk 40/41
3.sedikit keluarin uang buat beli karbu PE,Pwk kalok masih mau pakek karburator std.cukup ganti pj mj ukuran menyesuaikan
Kalok punya gue..Satria Fu th2011 cuma saya ganti karbu pwk uk28.lepas paling kompresi 2 lembar.sama pakai gir depan uk 12.karna buat stop and go itu motor udah enak tenaganya udah cukup liar
ReplyDeleteKalok punya gue..Satria Fu th2011 cuma saya ganti karbu pwk uk28.lepas paking kompresi 2 lembar.sama pakai gir depan uk 12.karna buat stop and go itu motor udah enak tenaganya udah cukup liar
ReplyDelete