Entah Mengapa Kami CINTA Suzuki Satria FU 150


Don't miss

Saturday, February 8, 2014

MODIFIKASI FILTER KARBU SATRIA FU STANDAR SERASA OPEN FILTER JOZZ


MODIFIKASI FILTER KARBU SATRIA FU STANDAR SERASA OPEN FILTER


Semangat pagi sobat fuers,,,


Admin2 ada sedikit tips buat yg newbie hehehe
Yang demen banget filter karbu nya di copot (open filter) yang katanya bikin sodokannya lumayan galak,,,tapi beberapa bulan kemudian ngeluh karena skep karbu nya baret,terus brebet di beberapa Rpm,,terus ngempos tenaga nya,,,

Nah terus gimana cara nya open filter tapi gak bikin skep baret/parah lagi sampe blok nya baret,,
Kita coba cara ini dan cukup mujarab,,,

1. Ambil filter bawaan mtor,kemudian bagian kertas nya sobek smua,,pake pisau carter

2. Kemudian ganti filter kertas tadi dengan menggunakan filter untuk aquarium/bisa juga pake busa

3. Terus gunting filter tadi sesuai panjang dan lebar box fiter si fu tersebut,,gak perlu dilem biar pada saat servis bisa dilepas terus di cuci

4. Setelah itu pasang kembali dan seting ulang setelan udara karbu biar pas

Setelah di coba,,,hasil nya sama seperti open filter,debit udara yg masuk lebih banyak namun tetap tersaring oleh filter tadi,,,dan suara khas open filter msh tetap terdengar,,,

Bisa diaplikasikan ke karbu king/PE 28


Selamat mencoba


Friday, February 7, 2014

CARA INREYEN MOTOR YANG BAIK (SATRIA FU 150)


Cara Inreyen Motor yang Baik (SATRIA FU 150)


Masa inreyen motor baru: 500Km

1. Pake motor normal aja. Biarkan mesin bekerja bebas. Kecepatan rendah-sedang-tinggi divariasikan. Soal batasan RPM yang penting jgn sampe batas merah. Juga sebaiknya jgn dulu bawa beban berat (misalnya penggunaan gigi tinggi pada kecepatan rendah).

2. Oper gigi/persneling secara halus jangan grasak grusuk dilepas secara tiba-tiba. Jangan juga menurunkan lebih dari satu gigi sekaligus dari kecepatan tinggi yang mengakibatkan over-rev (RPM ketinggian atau di atas batas aman)sehingga dapat merusak transmisi dan katup juga bisa bengkok. Jangan sering-sering angkat roda depan juga. Freestyle boleh tapi ntar tunggu motor lepas inreyen dulu lahh. Beberapa motor, kalau kita angkat roda depan cukup lama menyebabkan oli menuju ke belakang crankcase sehingga sulit dijangkau mesin untuk disirkulasikan.

3.  Inreyen jangan dilakukan dengan cara distandar tengah lalu mesin dihidupkan dan perseneling masuk dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut dapat merusak mesin

4. Menghidupkan motor dari keadaan dingin. Oli masih sulit untuk bersirkulasi dan juga oli masih berada di bawah yaitu di bak oli. Untuk menolong hal ini, gunakan kick starter beberapa kali dalam keadaan mesin mati. Abis itu baru kontak ON, elektrik starter ,,,jrenggg nyala deh.

TIPS TAMBAHAN UNTUK MOTOR INREYEN :
* Cari turunan yang agak panjang (kalau bisa sih kondisi sepi kayak minggu pagi biar gak ganggu lalu lintas), dimulai dari atas, kendarai motor kira-kira 50 km/jam. Begitu mulai turun, tutup gas sedikit sekitar 1-2 detik lalu buka gas lagi sampai mesin terasa narik (torsi dapat), tutup gas lagi. Hal ini menghasilkan kefakuman di dalam crankcase( ruang mesin di bawah piston) yang menyebabkan tekanan ring piston terhadap dinding silinder sehingga membantu untuk bed in (menyatu sehingga gesekan minim).


Dalam hal menyimpan motor juga berpengaruh. Parkirlah motor dengan menggunakan standar tengah sehingga oli merata dikiri-kanan mesin. Kalau menggunakan standar sampng, oli akan berkumpul di sebelah kiri mesin. Apalagi kalau motor ditinggal lama. Bisa bikin bagian dalam mesin sebelah kanan jadi kurang terlumasi. Setelah mesin hidup, boleh tunggu beberapa saat sekitar 1 menit sampai mesin sudah idle normal atau langsung jalan dengan kecepatan santai untuk memberi kesempatan oli bersirkulasi dengan sempurna.



Friday, January 31, 2014

7 Keluhan Satria FU dan Solusinya [Rangkuman]


7 Keluhan satria fu PALING POPULER Sepanjang Masa


1. Mesin Cepet Panas

Solusi:
- Oli pake yang bagus, kalau bisa yang semi sintetik atau full sintetik. 10-40 atau 20-50 oke bwt FU.
-Ganti oli teratur, jgn telat. Maksimal 2500km ganti oli.
-Ganti Filter oli, tiap 3x ganti oli.
-Rawat kisi kisi oli cooler. Jgn disemprot kalo cuci steam.
-Cuci motor rutin, sirip2 blok mesin jgn banyak kerak lumpur bikin panas.
-Pasang Kipas tambahan (kalo perlu)

2. Suara Mesin Berisik, biasanya per tensioner kendor.

- Ganti per tensioner pake yg lebih keras
- Ganti tensioner manual/mati
- Ganti tensioner motor lain (thunder, smash)

3. Susah Netral

- Oli ganti yg bagus , yg cocok, diusahain minimal semi sintetik.
- Setel ulang jarak maen kopling

4. Knalpot Nembak

- Ganti paking knalpot, jgn ada yg bocor
- Seting ulang karbu. Naekin PJ.
- Tutup PAIR

5. Rantai Berisik

- Tambahin bantalan rante yg tebel.
- bisa pake karet ban bekas, ato ganti punya MX/Satria 2tak

6. Gampang Mogok Kena Air/hujan/dicuci

- Isolasi kop /cangklong busi
- Lobang buangan busi deket knalpot jgn sampe mampet

7. Lampu kurang terang

- Pasang lampu LED Luxeon, lebih murah dari HID

Sumber:
Dirangkum dari blog om pahla : www.satria155.com

Monday, December 23, 2013

Penjelasan 4 Valve atau 4 Klep di Satria FU





4 KLEP VS 2 KLEP

Pasti udah biasa liat istilah ini, di striping satria fu juga ada tulisannya kan sob 4 valve. 

Apaan sih 4 valve ?
4 valve artinya 4 klep. Emang klep itu apaan? itu lohhhh yang kayak payung bentuknya. Klep itu ibarat pintu, jendela, ato portal, fungsinya buat buka tutup jalan. Kalau dibuka, ente bisa lewat. Kalau ditutup, ente mandek gak bisa masuk atopun keluar. 

Klep di motor ada dua jenis, Klep IN dan Klep Ex. Klep in jadi portal dilubang masuk bbm dari karbu ke mesin. Klep ex jadi portal dilubang keluar gas sisa bakaran ke knalpot. Kebanyakan di motor2 kita, apalagi bebek, klep jumlahnya dua.  1 Klep IN, 1 Klep Ex. Tapi di FU ada 4 empat klepnya. Dua klep IN, Dua Klep Ex.

Ngapain klep banyak banyak? 
Ente aja deh punya 3 lobang nafas kan, dua di idung satu dimulut. Nah coba sekarang ente lari lari sambil tutup idung sebelah, mengap mengap kagak? wkwkwk

Klep 4 lebih enak nafasnya dibanding klep 2. Bensin gampang masuk, sisa gas buang juga gampang dikeluarin.
Klep dua keliatannya doang klep nya Gede Gede, padahal kalo diitung total, masih lebih lebih luas jalan masuk Klep 4 yg kecil kecil.

Gak percaya?
Coba lo bikin lingkaran gede dulu 1 (ini ibaratnya penampang kubah head). Kita sebut ini AREA A.
trus lo coba bikin dua lingkaran sama besar didalemnya ampe mentok. Kalo diitung, tiap lingkaran didalem itu luasnya 25% dari luas area A. Jadi total luas 2 klep itu 50% dari area A.

Sekarang, coba bikin lagi lingkarang gede area A lagi.

Trus isi pake 4 lingkarang sama besar sampe mentok. Kalo diitung, tiap lingkaran kecil ini luasnya 0,17% dari area A. Kalo dikali 4, total luasnya itu 68% dari area A. 

Jadi, lebih gede 18% area 4 klep dibanding 2 klep.

Oke sobbbb....udah rada jelas kann sekarang.
Kalo belon jelas bukan berarti lo bodo sob...tapi gue nya yang kagak becus jelasin...hahahaha.
Pokoke gitu lahhhhhhh...hahaha

ADM1


Wednesday, December 18, 2013

Kekurangan Mesin DOHC dibanding SOHC



Kekurangan sistem DOHC (twin cam) dibanding SOHC (single cam):

1. Lebih mahal

Ongkos bikin mesin DOHC jelas lebih mahal sob daripada bikin mesin kem sebiji. 
Mangkanye kali pabrikan lain masih pikir-pikir buat bikin tandingan bebek dohc kayak suzuki fu, bingung ngasih harganya mereka...hahaha.

Dulu aje nih waktu jaman masih impor dua-duanya, Sonic 125cc SOHC dihargain 22jeti sobbb....FU 150cc DOHC harga CBU nya cuman 17jeti....nahhh gimane kalo sonic DOHC coba ?? mangkin mahallll lageeee pastinye.

Nahhh yg lebih mahal juga servis nya sobb, kan kalo mau seting shim klep di DOHC musti bongkar kem dulu. Tapi bisa diimbangin karena setingan klep DOHC gak gampang berubah kayak SOHC sobb,,jadi gak perlu sering-sering disetel.

2. Bobot dua kem lebih berat dari satu kem

Di RPM rendah, waktu tenaga mesin belon maksimal, beban kruk as buat muterin rante timing lebih berat karena ada dua kem yang musti digerakin. Mangkanye berasa agak lemot diputeran bawah. Tapi kalo udah nyampe RPM optimal sehhh: maknyusss sobbbbb. Kagak berasa berat lagi. Ngacirrrrrr.....

Tapi soal tarikan bawah yang kurang galak ini bukan cuman gara-gara DOHC sobbb...banyak pengaruh unsur lainnya, diantaranya:

#Karakter mesin OVERBORE vs OVERSTROKE
#Karakter Head 4 Klep vs 2 Klep.
Nahh lohhhhhhhhh apaan lagi tuhh....

Ntar yeee...mimin cari wangsit lagi sambil smedi di gunung sindur... hahayyyyy

Ada tambahan...... ??
__
ADM1

Tuesday, December 17, 2013

Arti Singkatan FU di Motor Suzuki Satria FU 150


Nama resminya Satria F150, tapi tenar sebutannya Satria FU.
Singkatan dari apaan sih FU ??

Logo Satria FU

Macem macem sobb anggepan orang, tapi Suzuki pernah mention di twitter suzuki katanya kepanjangan F = Fast, U = Underbone

Tapi kalo gue lebih suka F = Fighter, U = Underbone. FU = Fighter Underbone 

Underbone artinya Bebek
Fighter artinya Pejuang, Petarung

Jadi Satria FU buat gue adalah Bebek Petarung. 

Body boleh bebek, tapi FU bukan motor lembek.
Body boleh kecil tapi lari ngacir bagaikan kancil
Body boleh kalah kekar tapi FU gak pernah gentar

Motornya anak muda yang berjiwa satria, yang berani tampil beda.
Maju terus satria FU !!

hahayyyyyyy
-----
ADM1 

Keunggulan Mesin DOHC Twin Cam Seperti Satria FU


DOHC SATRIA FUDOHC 4 Valve

Kadang masih ada yang salah anggep DOHC itu artinya 4 KLEP. 
awasss sobbb...masing - masing beda jurusan tuhhh...

DOHC tuh merujuk ke Camshaft alias KEM alias Noken As, BUKAN KLEP. Disebut DOHC karena KEM nya dua. Double, Kembar. Makanya kadang disebut juga TWIN CAM.

Kalo soal klep itu beda lagi urusannya. SOHC atau kem 1 juga bisa aja pake Klep 4. Contohnya MX atau Vixion. Kemnya 1 doag, tapi klep nya empat juga kayak Satria FU. disebutnya SOHC 4 valve.

Trus ngapain repot pake 2 kem kalo bisa 1 aja ??
Ya sama aja kalo ente disuruh nimba sumur sobb..Kalo timbaan nya ada dua, enakan nimba berdua apa sendiri?? hehehe

Twin cam lebih presisi ngatur buka tutup klep, terutama di RPM tinggi. Nafasnya lebih panjang di puteran atas dibanding yang kem 1. Posisi busi juga bisa ditengah, lebih efektif pembakarannya daripada busi disamping.

DOHC ada kerugiannya gak? Ya pasti ada sobbb...kan kata pa ustad kesempurnaan itu cuman milik Allah.... hehehe.

Jadi apa kekurangan DOHC??
Nanti yee mimin semedi dulu cari wangsitnye....hahaha

Salam DOHC,
ADM1