Usir Knalpot Nembak Satria FU
Kali ini admin fu-mania pengen cerita soal problem knalpot nembak di Satria FU. Satria FU-150 dilengkapi PAIR (Pulsed Secondary Air Injection).
Menurut pabrikan, PAIR berfungsi mengurangi polusi gas buang. Udara
bersih dari kotak filter disemprotkan ke saluran buang lewat klep PAIR.
Namun lantaran klep PAIR tidak bekerja normal, gas buang malah masuk
lagi ke kotak filter atau ke karburator.
Lantaran
itu, gas bekas terisap masuk lagi ke dalam silinder. “Akibatnya
mengganggu pembakaran dan timbul letupan di knalpot,” jelas Kiki
Goestiawan, mekanik Joeri Motor di Jl. Arteri Kelapa Dua, No. 42,
Jakarta Barat. Katanya letupan dirasakan saat motor dipacu dari putaran
bawah ke menengah atau sebaliknya. Duarrr...!
Nah, peranti macam PAIR tidak hanya di bebek Suzuki. Di Honda Supra X125 namanya SASS (Secondary Air Supply System). Pabrikan Yamaha menamakan AIS (Air Induction System) seperti yang terpasang pada Jupiter MX 135LC. Berarti selain di Suzuki bisa saja terjadi gejala letupan itu.
Agar bebas dari gejala letupan, coba ikuti cara Juki. “Sumpal lubang by pass yang ada di lubang buang silinder (gbr. 1). Gunakan besi sepanjang 10 cm dan berdiameter 0,8 mm. Didorong menutup lubang. Biar rapi gerinda pakai bor tune-up mengikuti dinding lubang buang.
Selanjutnya, tutup juga lubang di karburator (gbr. 2). Lubang
itu sebenarnya sebagai sensor vakum penunjang kerja PAIR. “Itu bekas
saluran udara PAIR di kepala silider,” papar mekanik yang gaya bicaranya
ceplos dan cenderung jorok.
Lanjut seting ulang spuyer karbu. Terutama untuk pilot-jet. Dijamin sudah tidak nembak lagi.
Sumber: MotorPlus-online
Nah demikian lah artikel singkat tentang Cara Usir Knalpot nembak Satria FU. Mudah-mudahan ada manfaatnya buat semua FU-Mania.
Nah demikian lah artikel singkat tentang Cara Usir Knalpot nembak Satria FU. Mudah-mudahan ada manfaatnya buat semua FU-Mania.
cobain ah
ReplyDelete